Pemodelan Tarikan Perjalanan Kendaraan pada Pusat Perbelanjaan Modern Kabupaten Jember Menggunakan Regresi Linier Metode Forward
Modeling of Vehicle Travel Attractions at Modern Shopping Centers in Jember District Using Linear Regression Forward Method
DOI:
https://doi.org/10.19184/jrsl.v9i1.53694Keywords:
Tarikan Perjalanan Kendaraan, Regresi Linier Metode Forward, Pemodelan, Modelling, Vehicle Travel Attraction, Linear Regression Forward MethodAbstract
Abstract
In the urban area of Jember Regency, there are five modern shopping centres with a shopping mall concept that are crowded and located in one sub-district. The development of these shopping centres has created a large trip attraction because the area has become a magnet for economic and social activities in the community. To determine the factors that influence the trip attraction of private vehicles, namely motorbikes and cars, to modern shopping centres in Jember Regency, a trip attraction modelling analysis was carried out using linear regression using the forward method to obtain the best linear regression model equation. The variables used are land area (X1), building area (X2), motorcycle/car parking area (X3), number of kiosks/tenants (X4), and number of employees (X5). The results of the study showed that the most influential factor in vehicle attraction in modern shopping centres in Jember Regency is land area. The best linear regression model for vehicle traction (vehicles/hour) for motorbikes is Y1 = 51.851 + 0.005 X1 with R2 = 0.934, while the best model for cars is Y2 = 14.511 + 0.005 X1 with R2 = 0.998X1
Abstrak
Di kawasan perkotaan Kabupaten Jember terdapat lima pusat perbelanjaan modern berkonsep shopping mall yang ramai dikunjungi dan lokasinya berada pada satu kecamatan. Perkembangan pusat perbelanjaan tersebut menimbulkan tarikan perjalanan (trip attraction) yang besar karena kawasan tersebut menjadi magnet aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat. Untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi tarikan perjalanan kendaraan pribadi yaitu sepeda motor dan mobil ke pusat perbelanjaan modern di Kabupaten Jember, maka dilakukan analisa pemodelan tarikan perjalanan menggunakan regresi linier metode forward untuk memperoleh persamaan model Regresi Linier yang terbaik. Variabel yang digunakan adalah luas lahan (X1), luas bangunan (X2), luas lahan parkir sepeda motor/mobil (X3), jumlah kios/tenant (X4), dan jumlah karyawan (X5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap tarikan kendaraan di pusat perbelanjaan modern Kabupaten Jember adalah luas lahan. Model regresi linier terbaik untuk tarikan kendaraan (kend/jam) untuk sepeda motor adalah Y1 = 51,851 + 0,005 X1 dangan dengan R2 = 0,934, sedangkan model terbaik untuk kendaraan mobil adalah Y2 = 14,511 + 0,005 X1 dengan dengan R2 = 0,998X1.
Downloads
References
Aaqib Javed, S., Debnath, M., & Anwar, A. (2020). “Estimation of Trip Attraction Rates and Models for Shopping Centers in Dhaka City”. MAT Journals, 5(1), 28–34. https://doi.org/10.5281/zenodo.3733088
Abulebu, H. I., Tanari, B., & Ramli, M. I. (2018). “Trip attraction model of central market in Poso City based on multiple linear regression model”. MATEC Web of Conferences, 181, 1–9. https://doi.org/10.1051/matecconf/201818102008
BPS. (2023). Kabupaten Jember Dalam Rangka Jember Regency in Figures 2023.
Breski, D. Malkovic, B. Senjak, M. (2025). ”Trip Generation Models for Transportation Impact Analyses of Shopping Centers in Croatia”. Multidisciplinary Digital Publishing Institute (MDPI) journal of infrastructures, 10, 85. https://doi.org/10.3390/infrastructures10040085
Field, A. (2013). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics (4th ed.). SAGE Publications
Harahap, M. F., & Putra, R. P. (2019). ”Analisis kebutuhan parkir pada pusat perbelanjaan di Kota Medan”. Jurnal Teknik Sipil, 8(2), 145-153.
Mardiatmoko, G.-. (2020). “Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda”. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342
Meena, S., & Patil, G. R. (2022). ”Trip Generation for shopping malls in Developing Cities”. European Transport, Issue 86, No. 2. https://doi.org/10.48295/ET.2022.86.2
Muthmainnah, M., Fauzan, M., Lestari, Y., & Fithra, H. (2022). “Pemodelan Pergerakan Kendaraan Pada Guna Lahan Perdagangan Dan Jasa”. Malikussaleh Journal of Mechanical Science and Technology, 6(2), 14. https://doi.org/10.29103/mjmst.v6i2.7080
Nurhadi, M. (2018). ”Evaluasi kinerja lalu lintas di kawasan pusat perbelanjaan”. Jurnal Transportasi, 18(2), 103–112.
Pakpahan, H.M., Roosmadianto, G.A. (2021). ”Model Bangkitan dan Tarikan Perjalanan Kendaraan Pada Pasar Di Kota Bandung”. Jurnal Manajemen Logistik dan Transportasi, 7(2), 92-107.
Salmannur, A., Isya, M., Anggraini, R. (2017). ”Model Tarikan Pergerakan Sepeda Motor Pada Pusat Perbelanjaan (Studi Kasus: Di Kota Banda Aceh), Jurnal Teknik Sipil, 6(3), 251-260
Sari, N. (2019). “Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Tarikan Perjalanan Menuju Mall Transmart Carrefour”. Jurnal Rekayasa, 23(1).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta, Bandung.
Suthanaya, P. A. (2010). “Pemodelan Tarikan Perjalanan Menuju Pusat Perbelanjaan Di Kabupaten Badung, Provinsi Bali”. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 14(2), 103–112.
Syafi’i, Legowo, S. J., & Kholis, M. N. (2020). ”Analisis Pemodelan Tarikan Pergerakan Department Store (Studi Kasus di Wilayah Soloraya)”. Matriks Teknik Sipil, 8(1). https://doi.org/10.20961/mateksi.v8i1.41531.
Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan pemodelan transportasi. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Widana, W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. In Klik Media.

